20 Tahun Perjalanan Dedi Nigolan

20 tahun
Memang terdengar cukup panjang,
namun tak terasa seriring berjalannya waktu.

Dedi Nigolan.
Selama ini gw berpikir kalau cuma ada 1 nama ini di belahan dunia manapun.
Yup, emang nama ini terdengar aneh, itu juga yang sering terlintas di benak gw.
Pertanyaan klise yang sering dilemparkan setelah mendengar nama gw itu:
  • orang batak? (bukan.haha.)
  • apa arti dari nigolan? (gaktau.haha.)
  • how u spell your name? (D-E-D-I.)
  • u from indonesia? (yes.haha.)
Biasanya gw selalu jawab gaktau kalo ditanya apa arti dari Nigolan.haha.
Tapi sebenernya gw tau, ya cuma males aja buat ngejelasin panjang lebar.
Well, sekarang akan dijelaskan apa arti dari Dedi Nigolan.


Waktu kecil umur 5-7 taun banyak banget yang nanyain apa arti Dedi Nigolan.
Dan seperti anak polos lugu pada umumnya gw emang gatau apa-apa.
Lalu gw bertanya pada papa.
Lalu beginilah penjelasan si papa sambil ditulisnya di secarik kertas

DEDI = Dokter Edi, dokter kandungan yang membantu mama melahirkan.
NIGOLAN = Gabungan nama mama dan papa, "NI" dari mama dan "GOLAN" dari papa 
(rasanya ga perlu dikasih tau yah nama lengkap mereka :D)

Jujur sejujurnya, dulu gw berasa nama gw itu aneh banget,
emang seriusan kedengaran kayak marga Batak Nainggolan.
Tapi seiring berjalannya waktu,,,,
eh keren juga yah, cuma ada 1 nama Dedi Nigolan di dunia ini.
romantis juga yah mama papa gw.


dalam waktu 2 dasawarsa ini,
banyak banget pengalaman lika-liku hidup perjalanan yang gw lalui untuk menjadi seorang Dedi Nigolan yang sekarang ini.


Betapa polosnya anak kecil yang mengatakan ingin cepat-cepat besar agar bisa melakukan apapun.
Haha gw rasa hampir semua anak kecil pernah berpikir kayak gini.

Sebaliknya mereka yang udah dewasa, malah suka berandai alangkah indahnya menjadi anak kecil,
anak kecil yang tak mempunyai beban hidup untuk ditanggung,
makan tidur main tanpa perlu memikirkan segala perkara kehidupan manusia dewasa.

Dalam tahun-tahun terakhir ini,
gw menjadi lebih sering melakukan refleksi diri.
banyak banget hal yang terjadi dalam 20 tahun ini.
sebagian dari pahit manis asam garam kehidupan uda dicoba.

Dulu, 
waktu kecil.yang 
gw tau kehidupan di sekeliling gw itu baik-baik apa adanya.
gak ada orang jahat.

*selingan
waktu kecil masih TK umur 5-6 taun gw sering kebangun jem 2-3 pagi,
terus main sama mainan binatang-binatang hadiah dari odol Kodomo sama mobil-mobilan
di atas ranjang
sendirian
yup sendirian 
HAHAHA.
gw juga ga ngerti apa menariknya dari kegiatan yang gw lakukan itu dulu.

Sepanjang bangku sd,
yang gw dapet dari sekolah itu pelajaran sekolah pada umumnya
matematika, b.indo, b.inggris, ipa ips,
berteman sama siapapun tanpa memandang status sosial
1 hal yang gw inget jelas tiap pelaran PpKN, 
kebanyakan dari jawaban soal ulangan gw jawab dengan  
"menjalankan dengan sabar" atau "pasrah"
dan ajibnya most of the time it's right.

lalu gw pindah ke SMP yang lebih besar baik dalam segi bangunan maupun jumlah murid, 
jujur kelas sosial di sekolah ini juga relatif berbeda dengan SD gw dulu.
konflik-konflik seperti dalam sinetron remaja emang nyata terjadi di sini
bullying, gossiping, making fun of the person that are considered as weirdo, ngebikin tribe sendiri-sendiri, 
ada juga anak borju yang ngerasa eksklusif karena bangga dengan kekayaan orang tuanya
ada juga anak kepo yang minta ditabok saking gatahannya (WAHAHA)
ada juga anak-anak yang takut nyontek karna alasan takut dosa
ada juga anak yang mikir nilai itu nomor 1 di dunia ini. HARUS dapet nilai terbaik pokoknya
ada juga anak yang serba ketakutan kalo diajak melanggar peraturan sekolah.

jujur gw dulu pernah mikir juga kalo bisa dapet nilai terbaik di kelas,
eileh kiasu bener gw dulu WAHAHA
tapi semenjak kelas 9,
gw terhenti sesaat dan berpikir kalau nilai bukanlah segalanya.
memori tawa canda di sekolah itulah yang paling berharga.

begitu SMA gw pindah lagi ke sekolah lain,
idealisme yang telah dilalui setiap individual semakin terbangun kokoh dalam diri masing-masing.
ego tiap individual semakin tampak di sini.
anak yang memiliki masalah di dalam keluarganya biasa cenderung untuk bertindak extraordinary di masa-masa ini.
belonging to certain group based on social status semakin terpampang jelas.
namun gw belom merasakan konflik si jahat dan si baik di bangku SMA ini.

sebelum lulus SMA, guru les fisika gw pernah ingetin
di masa kuliah itulah semua perjalanan hidup seorang manusia dimulai.
temen pure temen itu udah jarang, ga kayak di bangku sekolah semua anak cuma punya satu tujuan yaitu belajar dapet nile bagus dan lulus. titik.

dan emang bener,
hal-hal yang ga pernah kita bayangkan sebelumnya bener-bener terjadi.
mungkin lebih tepatnya bukannya kita gatau, tapi ga sadar
hal-hal seperti yang kita lihat di dalam sinetron,
si antagonis ngejahatin si prontagonis hingga amsiong.
dulu, waktu sekitar umur belasan gw mikir
"masa sih ada orang kayak gini jahat"
"apa bener ya kayak gini bisa kejadian"
"ih gila lebe bener"

well, sekarang gw percaya dengan apa yang terjadi di dalam sinetron itu memang benar apa adanya walau sebagian dihiperboliskan.

orang itu emang ada 2 macem:
si baik dan si jahat

dan ga berakhir sampai di situ,
si jahat ini masih bisa kita kategorikan lagi
si jahat pada umumnya
dan si jahat terselubung

si jahat pada umumnya itu emang biasanya keliatan banget dari gerak-gerik tingkah laku selalu berusaha menguntungkan diri sendiri dengan cara apapun

satu hal yang harus diwaspadai adalah si jahat terselubung
bagai serigala berbulu domba, ya inilah contoh nyata dalam kehidupan
dari luar keliatan baik, berusaha banget sok friendly dengan memakai topeng seribu wajahnya,
eh.
begitu kedoknya dilepas, isinya serigala berwarna hitam yang berusaha memangsa domba lainnya bahkan sang gembala.


lambat laun siapa yg baik siapa yg buruk semuanya akan terungkap juga
cuma butuh waktu untuk melihat itu semua.

ga mau jadi orang suci biar keliatan baik juga ato gimana,
gw sih jujur sebagai manusia ya sering juga berbuat salah..
sering mementingkan ego sendiri juga..
cuman semua pelajaran dalam hidup selaman 20 taun ini telah mengajarkan seorang dedi nigolan
untuk menjadi lebih kritis dalam menghadapi setiap persoalan
untuk berpikir sebelum berucap dan bertindak
untuk menempatkan diri sendiri dalam sepatu orang lain sebelum bertindak
ya walau masih ga sempurna juga.


Comments

Popular posts from this blog

uupppssss salah orang

rutinitas baru

FREEDOM